Monday, December 31, 2018

Mengenal Lebih Dekat Tentang SD Card

Halo semua kembali lagi bersama Giery Bagas, terima kasih sudah mengklik artikel ini, dan selamat membaca.


Pada akhir tahun ini saya akan membahas lebih dalam lagi tentang SD Card

1. Apa itu SD Card ? 

SD Card adalah sebuah kartu yang berukuran kecil dan mempunyai fungsi untuk menyimpan beragam data, biasanya sd card ini dipasangkan di smartphone yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang kecil, maka dengan SD Card inilah para pengguna smartphone tidak perlu khawatir masalah penyimpanan yang keci. SD Card ini tersedia beberapa pilihan kapasitas penyimpanannya mulai dari 2 GB, 4 GB, 8 GB, 16 GB, 32 GB, 64 GB, dan 128 GB. 

2. Class Pada SD Card

Terkadang banyak yang suka binggung dalam pemilihan class pada sd card dan juga banyak yang tidak paham Class ini apa ? penting atau gak ? dan lain-lain. Class ini istilahnya adalah proses kecepatan membaca dan menulis dari sd card tersebut. Class pada SD Card terbagi menjadi 5 pilihan yaitu : Class 0, Class 2, Class 4, Class 6, dan Class 10. Masing-masing dari class ini memiliki kecepatan membaca dan menulis yang berbeda, Contohnya begini : Setiap kita mengambil foto, meng-copy file, merekam video, terjadilah proses membaca dan menulis pada sd card ini. Semakin tinggi class pada sd card tersebut maka kecepatan dari mengambil foto, meng-copy file, merekam video akan semakin cepat, dan tidak harus menunggu waktu yang cukup lama. Itulah mengapa class pada sd card ini pengaruh juga dalam soal harga, semakin tinggi class nya maka harganya semakin mahal.

Dan ini adalah daftar kecepatan SD Card dari class 0 sampai class 10 :


  • Class 0 tidak memiliki kecepatan transfer rate
  • Class 2 memiliki kecepatan transfer rate minimum sebesar 2 MB/16 Mbps
  • Class 4 memiliki kecepatan transfer rate minimum sebesar 4 MB/32 Mbps
  • Class 6 memiliki kecepatan transfer rate minimum sebesar 6 MB/48 Mbps 
  • Class 8 memiliki kecepatan transfer rate minimum sebesar 8 MB/64 Mbps
  • Class 10 memiliki kecepatan transfer rate minimum sebesar 10 MB/80 Mbps.


Kesimpulan 

Sebaiknya pilihlah SD Card yang memiliki kecepatan tinggi agar dapat mempermudah semua kebutuhan kamu seperti merekam video, mengcopy file, dan semacamnya.


Sekian pembahasan yang bisa saya sampaikan mengenai SD Card ini, kalau kalian ada pertanyaan langsung saja komen dibawah insyallah pasti saya jawab kok, dan terima kasih juga sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat bagi kamu semua, sampai jumpa di artikel selanjutnya.








Disqus Comments