Saturday, March 16, 2019

Jenis Switch Mechanical Yang Harus Kamu Ketahui


Mechanical keyboard adalah sebuah keyboard biasa yang dibuat dengan material yang berkualitas. Umumnya keyboard mechanical ini memakai Switch yaitu bentuknya seperti spring, sangatlah berbeda dengan keyboard biasa yang hanya memakai switch rubber sebagai tombolnya. 

Pada artikel kali ini saya akan membahas seputar switch keyboard mechanical. Switch keyboard di mechanical terdapat blue switch, red switch, brown switch, dan lain-lain. Dan berikut adalah jenis-jenis switch mechanical keyboard, serta feel saat digunakan.



1. Blue Switch



Karakteristik dari blue switch itu clicky ( seperti anda menekan ujung bolpen seperti itu feelnya ), tactile ( memberikan feedback/bumb ), dan juga berisik. blue switch ini sangat cocok buat kamu penggemar keyboard berisik dan cukup berat saat untuk mengetik.



2. Red Switch



Karakteristik dari red switch adalah Linear ( tidak membunyikan suara ), non clicky ( tidak ada feel sama sekali ), Non tactile ( tidak memberikan feedback/bump ). Red switch sangat cocok untuk hanya sekedar mengetik biasa dan juga berat dari switch itu terbilang ringan saat mengetik.



3. Brown Switch 





karakteristik brown switch ini Tactile ( memberikan feedback/bump ), non clicky ( tidak ada feel sama sekali ), linear ( tidak bersuara ). Brown switch ini cukup ringan saat mengetik.



4. Black Switch 



Karakteristik black switch ini Linear ( Tidak bersuara ), non clicky ( tidak ada feel sama sekali. Switch ini cukup berat saat dipakai untuk mengetik dan sedikit mengeluarkan suara saat bottoming out.



5. Green Switch 



Karakteristik Green Switch ini Tactile ( memberikan feedback/bump ), clicky ( saat anda menekan ujung bolpen ). Green switch ini hampir mirip feel nya dengan blue switch tetapi switch ini lebih berat saat dipakai mengetik ketimbang blue switch.

6. Clear Switch



Karakteristik dari Clear Switch ini Tactile ( memberikan feedback/bump ), Non clicky ( tidak ada feel sama sekali ), Linear ( tidak bersuara ). Clear switch ini feelnya gak jauh berbeda dengan brown switch hanya saja clear switch ini lebih berat saat digunakan untuk mengetik ketimbang brown switch.


Kesimpulan

Sebaiknya saat ingin membeli keyboard mechanical kamu harus sudah tahu feel dari switch mana yang menjadi selera kamu, Jika kamu suka keyboard yang berisik maka pilihlah blue switch, green switch jika tidak bersuara maka pilihlah red switch, black switch, clear switch, brown switch.





Disqus Comments