Friday, January 18, 2019

Apa Itu Android One ? Bedanya Sama Android Biasa ?




Halo semua kembali lagi bersama Giery Bagas, terima kasih sudah mengklik artikel ini dan selamat membaca.

Pada kali ini saya akan membahas mengenai sistem operasi Android One. Banyak yang terkadang suka bertanya apa sih android one ? bedanya sama android biasa apa ?

Apa itu Android One ?

Jadi Android One adalah salah satu sistem operasi buatan google, yang sistem operasinya tersebut murni tanpa campur tangan vendor-vendor smartphone lain, dan juga smartphone yang sudah memakai Android One biasanya memiliki harga yang relatif terjangkau, seperti smartphone Xiaomi A2, Sharp S3, Htc U11 Life, dan Motorolla Moto X4. 

Baca Juga :

Tetapi di indonesia sendiri juga sudah ada smartphone yang sudah android one salah satunya Evercoss One X, Mito Impact, yang pastinya akan menjadi nilai tambah bagi smartphone lokal buatan negara tercinta ini. 

Lalu apa sih kelebihan dan kekurangan dari Android One ini ?

Kelebihannya : 

  • Sistem operasi akan terbebas dari yang namanya ( Bloatware Apps ) Apa itu Bloatware ? Bloatware adalah aplikasi yang sudah dari bawaan oleh vendor smartphone tersebut misalnya Smartphone xiaomi, sudah ada Gallery, Themes MIUI, MIUI Forum dan lain-lain. Beda halnya dengan Android One, kamu tidak akan menemukan aplikasi tema, dan aplikasi sampah-sampah lainnya, benar-benar bersih dari aplikasi sampah
  • Performa Android One cenderung lebih cepat ketimbang sistem operasi buatan vendor-vendor smartphone lain seperti MIUI, Color OS, Funtouch OS, XOSP dan lain-lain 
  • Android One akan mendapatkan Security Update secara rutin dari Google sehingga smartphone kamu akan terjamin keamanannya.



Kekurangannya :

  • Tidak akan mendapatkan fitur-fitur tambahan seperti hal-nya sistem operasi MIUI, Funtouch OS, Color OS, XOSP. Di Android One kamu tidak akan mendapatkan fitur-fitur tambahan dari google dan juga aplikasi bawaan buatan google, dan benar-benar android murni.

Oke sekian pembahasan mengenai Android One yang bisa saya sampaikan pada hari ini, kalau kalian punya saran, kritik, atau yang masih binggung soal android langsung aja komen dibawah. 

Terima kasih juga sudah membaca artikel ini sampai habis, jangan lupa share jika sekiranya bermanfaat bagi kamu, untuk membantu blog Giery Bagas bisa berkembang kedepannya, dan bisa memberikan postingan yang berkualitas, dan sampai jumpa di artikel yang berbeda.

Disqus Comments