Saturday, January 26, 2019

Dual Kamera HP Penting Gak Sih ? Ini Penjelasannya !


Di tahun 2019 ini, banyak sekali brand smartphone yang terkenal mulai dari Samsung, Apple, XIaomi, Oppo, Vivo, Sony, dan lain-lain. yang berlomba-lomba merilis hp android dengan dual kamera. Bahkan baru-baru ini samsung mengeluarkan HP terbarunya yaitu Samsung Galaxy Note 10 yang sudah memiliki 3 kamera di bagian belakangnya. Sebenarnya kamera yang banyak pada smartphone itu penting gak sih ? atau cuma bagian GIMMICK saja ? Dan berikut adalah penjelasannya :

Dual kamera pada Smartphone sebenarnya bukanlah hal yang baru, karena sejak tahun 2017 yang lalu, sudah banyak brand-brand smartpone yang terkenal yang menawarkan produ smartphone mereka dengan fitur dual kamera. 


Umumnya kamera pada smartphone semakin lama berkembang teknologinya, yang bisa saja kamera smartphone mampu menyaingi kamera SLR maupun DSLR. Kamera pada smartphone juga dapat menghasilkan gambar atau video yang berkualitas dengan dukungan besarnya lensa, sensor kamera, jarak antara lensa dan sensor, sehingga bisa menghasilkan gambar atau video yang cukup jernih.

Pada dasarnya dual kamera ini diperuntukan untuk memproleh Efek Bokeh, lalu apa sih itu Efek Bokeh ?


Efek Bokeh adalah efek blur pada background, yang berarti lensa dari kamera android ini akan fokus pada satu objek sehingga dengan otomatis background pada objek tersebut akan mulai buram, dan objek yang difokuskan akan menjadi sangat jelas atau detail. Efek bokeh ini sebenarnya sudah lama dikenal di dunia fotografer yang biasanya digunakan untuk fotografi, jurnalis, dan untuk foto artis-artis terkenal ataupun seorang model. Itulah sebabnya mengapa kamera dengan Efek Bokeh ini terkesan mahal dimata orang. 

Jadi dual kamera pada android itu penting dong untuk menghasilkan gambar yang bagus ?

Sebenarnya ada yang salah satu cuma GIMMICK, dan ada juga yang Dual Kamera, efek Bokeh nya itu benar-benar asli. Biasanya smartphone harga berkisar 2 jutaan keatas Dual Kamera nya benar-benar asli kok, beda dengan smartphone android dibawah 1 juta yang sudah punya Dual Kamera biasanya itu hanya GIMMICK, serta gambar yang dihasilkan tidak begitu bagus, dan tidak ada Efek Bokeh nya sama sekali. 

Jadi jika smartphone yang memiliki Dual Kamera, Mega Pixel yang besar, tetapi sensor kamera yang digunakan tidak jelas, ya maka kualitas gambar yang dihasilkan tidak akan sesuai dengan ekspetasi kamu. 

Untuk masalah Dual Kamera ini penting atau gak ? sebenarnya tergantung kebutuhan, kalau kamu memang hobi dalam memotret sebuah foto untuk pekerjaan, maka Dual Kamera ini sangatlah berguna, tetapi jika hanya untuk sekedar foto-foto saja serta tidak mengerti cara setting Efek Bokeh nya, ya fitur ini gak akan berguna sama sekali.

Sebenarnya memberi Efek Bokeh pada smartphone yang hanya 1 kamera juga bisa, dengan bantuan aplikasi mengedit foto seperti Picsay, Picsart, dan sebagainya. Jadi bagaimana menurut kamu apakah Dual Kamera HP itu penting ? Komentar dibawah ya, karena kita semua disini masih sama-sama belajar.

Oke segini dulu pembahasan mengenai Dual Kamera HP Penting Gak Sih ? yang bisa saya sampaikan pada hari ini. Jangan lupa share ke teman-teman kamu jika sekiranya info ini bermanfaat bagi kamu semua, sehingga bisa memberikan saya semangat untuk memberikan artikel-artikel yang berkualitas, terakhir nama saya Giery dan sampai jumpa di artikel yang berbeda.

Disqus Comments