Sunday, January 20, 2019

Inilah Jenis-Jenis Lisensi Windows



Halo semua kembali lagi bersama Giery Bagas, terima kasih sudah meng-klik artikel ini dan selamat membaca. 

Menginstall windows memanglah sudah menjadi kewajiban yang harus kamu penuhi, saat kamu baru saja membeli sebuah komputer/laptop yang sama sekali belum ada sistem operasinya. Tapi sebelum kamu menginstall windows ada baiknya kamu harus mengetahui lisensi mana yang ingin kamu beli yang cocok untuk kebutuhan kamu, dan kalau kamu belum punya dana untuk membeli lisensi resmi tidak masalah, kamu tetap dapat menggunakan sistem operasi windows dengan fitur yang seadanya. Jadi berikut adalah jenis jenis lisensi windows yang wajib banget kamu ketahui :

1. Lisensi  Windows Retail 

Jenis lisensi ini biasa disebut FPP. Kepanjangan dari ( Full Packed product ), didalam paket penjualnya ada dus/box yang berisi dvd, buku panduan, dan lisensi original, resmi langsung dari microsoft nya. Lisensi ini hanya dapat dipasangkan di 2 perangkat saja dengan syarat lisensi windows yang dipasang di salah satu perangkat harus dihapus terlebih dahulu, dan jika komputer/laptop kamu windows nya itu bermasalah, kamu juga tetap dapat memasukan lisensi ini secara berulang-ulang atau kamu juga dapat menghubungi customer service microsoft, jika kamu merasa ada kendala entah itu memasukan lisensi dan sebagainya. 

Lalu apa sih kekurangan membeli lisensi ini ? Ya tentu saja harga-nya itu yang terbilang cukup mahal sekitar 1,5 juta untuk lisensi windows versi home, dan harga untuk lisensi windows profesional, enterprise. Jadi bagaimana menurut pendapat kamu ? worth it gak sih beli lisensi windows original seharga 1,5 juta, dan mendapatkan dukungan resmi dari microsoft ? Komen dibawah ya 

2. Lisensi Windows OEM 

OEM adalah kepanjangan dari ( Original Equipment Manufacture ). Lisensi windows ini didapatkan dari perusahaan vendor laptop/komputer seperti dell, lenovo, Hewlett-Packard ( HP ) dan lain-lain. Jadi ketika kamu membeli salah satu brand tersebut entah itu laptop/pc desktop, biasanya perusahaan vendor dari laptop/pc desktop tersebut, sudah menginstall windows beserta lisensi didalamnya, tetapi lisensi windows OEM. Ciri-cirinya ialah terdapat stiker windows dari perangkat tersebut dan di stiker tersebut biasanya terdapat lisensi windows/product key, jadi jika sewaktu-waktu mau install ulang tinggal masukan product key yang terdapat di stiker tersebut.

Memang sangat menguntungkan memakai windows OEM ini, jadinya kamu tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membeli lisensi original dari microsoft store.

Tetapi banyak kelebihan, bukan berarti tidak ada kekurangan. Kekurangannya adalah kamu tidak akan mendapatkan dukungan update resmi dari microsoft, kalau pc/laptop kamu bermasalah kamu hanya bisa menghubungi customer service dari vendor laptop/pc desktop yang kamu beli, dan juga lisensi windows OEM ini tidak dapat dipasang ke 2 perangkat, walaupun kamu sudah menghapus product key di perangkat sebelumnya, tetap saja kamu tidak akan bisa menggunakannya di perangkat lain.

3. Lisensi Windows Volume 

Kalau jenis lisensi ini ditargetkan ke para pebisnis/perusahaan ternama, yang biasanya menggunakan banyak sekali komputer. Maka dari itu microsoft menawarkan 1 Lisensi Volume yang dapat digunakan untuk mengaktivasi komputer yang ada pada perusahaan tersebut. Memang benar jenis lisensi ini sangatlah menguntungkan, hanya dengan membeli 1 lisensi kamu dapat menggunakannya di banyaknya komputer.

Namun sayangnya tetap ada kekurangannya yaitu ada persyaratan dari pihak microsoft yang mengatakan, Lisensi ini tidak dapat digunakan oleh pengguna yang kategorinya individual/personal.

Nah setelah kamu mengetahui jenis-jenis lisensi windows serta kelebihan dan kekurangannya, maka saya juga akan memberikan tutorial bagaimana cara cek windows apa yang sedang kamu pakai. 

Cara Mengetahui Jenis Lisensi Windows Apa Yang Kamu Gunakan


Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu membuka CMD/Command Prompt dengan cara ketik pada keyboard Windows + R, lalu run as administrator, lalu ketik pada CMD " slmgr.vbs /dli " , lalu klik enter. Dengan cara ini kamu akhirnya bisa tahu jenis lisensi windows apa yang kamu pakai sekarang, biasanya cara ini tidak akan bisa dipakai, bila lisensi windows kamu bajakan atau diaktivasi menggunakan crack.

Kesimpulan

ada baiknya kamu membeli lisensi windows secara resmi, dengan begitu kamu menghargai kerja keras sang developer. Tapi jika kamu belum punya uang untuk membeli lisensi windows tidak masalah, pihak microsoft pun juga tidak memaksa kamu untuk membeli lisensi mereka.

Oke segini dulu pembahasan mengenai jenis-jenis lisensi windows yang bisa saya sampaikan, kalau kalian ada yang punya pertanyaan, saran, dan kritik langsung aja komen dibawah. Terima kasih juga nih sudah mau membaca artikel ini sampai habis, jangan lupa share jika bermanfaat bagi kamu, dan membantu blogger Giery Bagas bisa berkembang kedepannya, serta memberikan saya semangat untuk membuat artikel-artikel yang berkualitas, terakhir sampai jumpa di artikel selanjutnya.







Disqus Comments