Thursday, January 17, 2019

Tips Agar Tidak Salah Beli Monitor Komputer




Monitor adalah sebuah perangkat keras yang digunakan sebagai alat untuk menampilkan data dalam bentuk gambar digital atau biasa disebutnya grafis. Tipe kabel monitor sendiri bermacam-macam ada yang kabel tipe vga, hdmi, yang dicolokan dari vga card ke slot monitor. Jadi monitor ini perannya sangat lah penting, karena jika tidak ada monitor pc kamu tidak akan menampilkan gambar. Tetapi terkadang banyak yang suka bertanya, monitor yang bagus itu gimana sih ? cocok gak buat game ? atau desain ? Pertanyaan ini terkadang suka muncul pada orang awam yang ingin membeli monitor bagus dengan harga yang murah. Jadi saya akan memberikan tips agar tidak salah beli monitor komputer versi Giery Bagas 


1. Memilih Ukuran Monitor 





Kamu harus bisa menentukan ukuran monitor, untuk menunjang kebutuhan kamu, entah itu untuk bermain game, desain, rendering agar mendapatkan pengalaman yang lebih baik. Kalau menurut saya pribadi ukuran monitor 22 inch sudah cukup untuk bermain game, desain, dan hanya sekedar mengerjakan tugas-tugas. Jadi intinya pemilihan ukuran monitor ini prefrensi masing-masing.


2. Memilih Resolusi Layar 



Pastikan memilih monitor dengan resolusi layar yang besar, contohnya monitor berukuran 22 inch yang memiliki resolusi ( 1920 x 1080 pixel ). Dengan ukuran resolusi segitu pastinya tampilan gambar akan lebih tajam dan enak dimata, serta ukuran teks yang dapat dilihat dengan jelas, jadi pastikan beli monitor yang memiliki resolusi layar Full HD.


3. Memilih Teknologi Panel





Memilih teknologi panel itu sangatlah penting bro, kamu harus lebih teliti. Tapi sebelum itu gw akan memberikan sedikit pembahasan mengenai jenis-jenis teknologi panel ini agar kamu lebih paham. Teknologi panel dibedakan menjadi 3 bagian yaitu Panel IPS, Panel VA, Panel TN, yang masing-masing memiliki perbedaan

Panel  IPS


  • Teknologi panel  ini sudah dikenal oleh banyak orang karena banyak digunakan pada smartphone, tv, dan laptop. IPS kepanjangan dari ( In plane Switching ), teknologi IPS ini sudah pasti sangat bagus secara keseluruhannya, mulai dari sudut pandang ( Viewing Angeles ), kualitas gambar, dan keakuratan warna.
Panel VA



  • Teknologi ini bisa dibilang tidak terlalu bagus dan juga tidak jelek juga, standar lah. VA kepanjangan dari ( Vertical Alignment ), panel ini memberikan reproduksi warna, dan viewing angles yang cukup baik, teknologi VA ini hampir serupa dengan teknologi IPS, namun sayangnya panel VA Response Time nya yang lebih lambat dibandingkan panel TN atau IPS.
Panel TN


  • TN kepanjangan dari ( Twisted Nematic ), teknologi panel yang paling banyak ditemui pada monitor murah. Panel TN ini juga memiliki response time yang cukup cepat, maka ini akan menjadi nilai tambah bagi teknologi panel TN ini. Namun sayangnya panel TN ini juga terdapat kekurangannya yaitu reproduksi warna, keakuratan warna, viewing angles, yang sangat buruk dibandingkan panel IPS atau TN.
So pilihlah monitor yang sudah berteknologi IPS. 


4. Memilih Kecepatan Refresh Rate 

Untuk kebanyakan monitor sekarang biasanya menggunakan kecepatan refresh rate sebesar 60 Hz, yang artinya kamu hanya bisa melihat 60 frame per-detik ketika sedang bermain game. Tetapi biasanya monitor high end sudah memiliki kecepatan refresh rate sebesar 144 Hz, dengan fitur ini monitor dapat me-refresh frame rate kedalam sistem, contohnya kalau kamu sedang bermain game pada kecepatan 50 frame per-detik, maka si monitor ini akan menyesuaikan juga pada refresh 50 frame per-detik juga.


5. Memilih Response Time 

Memilih response time yang cepat juga sebenarnya tidak begitu penting. Tetapi banyak yang bilang bahwa player gamer membutuhkan response time dibawah 8 ms, agar dapat memastikan animasi yang bergerak dapat terbebas dari efek ghosting, saat dicoba bermain game berat.


6. Perhatikan Port Monitor

Memperhatikan port pada monitor sangatlah penting, fungsinya adalah mencolokan kabel dari vga card ke monitor. Umumnya port monitor terbagi menjadi 3 bagian yaitu : 

Port VGA
  • Port vga sudah ada sejak tahun 1980-an, yang dulunya kabel vga ini banyak digunakan pada jamannya. Ciri khas dari kabel vga ini memiliki 15 pin yang dibagi menjadi 3, dan setiap baris berisi 5 bagian, biasanya warna yang dipakai adalah merah, hijau, dan biru.
Port DVI 
  • DVI kepanjangan dari ( Digital Visual Interface ), kabel tipe dvi ini adalah generasi penerus VGA.
Port HDMI
  • Kepanjangan dari ( High Definition Multimedia ) kabel ini lebih bagus dari generasi sebelumnya, karena segala jenis video HD bisa ditampilkan pada layar yang dilengkapi kabel HDMI ini.
Jadi pilihlah monitor yang sudah mempunyai slot VGA, DVI, HDMI agar kamu tidak perlu repot-repot mencari converter saat VGA Card kamu tidak suppot .

Jadi segini dulu tips dari gw saat kamu ingin membeli monitor baru agar gak salah beli, mungkin jika kalian punya saran, kritik, atau masih ada yang binggung soal monitor langsung aja komen dibawah. 

Terima kasih juga sudah membaca artikel ini, jangan lupa share jika sekiranya bermanfaat bagi kamu, untuk membantu blogger Giery Bagas bisa berkembang kedepannya dan saya bisa lebih semangat lagi memberikan artikel-artikel yang berkualitas, dan sampai jumpa di artikel yang berbeda.


Disqus Comments