Thursday, February 21, 2019

5 Alasan Kenapa Harus Beralih Ke Linux


Mungkin masih banyak sebagian orang yang asing sekali ketika mendengar kata " Linux " Ya jelas saja memang pengguna Linux ini jarang sekali peminatnya. Hanya progammer sajalah yang mau memakai sistem operasi ini untuk membuat Software yang ingin mereka buat.

Linux adalah salah satu sistem operasi yang berbasis UNIX. Yang dimana sistem operasi ini bebas dan terbuka atau Open Source. Dan berikut adalah 5 Alasan kenapa kamu harus beralih ke Linux

1. Freeware dan Open Source

Linux ini bisa kamu dapatkan secara gratis, tanpa harus membeli lisensi, dan pengguna juga bisa memakai Linux kapanpun kamu mau. Linux ini bersifat Open Source yang berarti Linux dapat dikembangkan oleh siapa saja, termasuk kamu juga bisa menjadi pengembang Linux. 


2. Lebih Stabil dan Cepat

Linux ini memang lebih stabil dan cepat dalam halnya kinerja, beda halnya dengan sistem operasi Windows, Mac Os, Chrome Os yang terkadang masih suka ada Lag. Akan tetapi dengan memakai sistem operasi Linux ini kamu tidak akan menemukan Lag, walaupun spesifikasi Komputer kamu tergolong Low End.


Baca Juga Nih :


3. Software Bawaan Yang Cukup Lengkap 

Saat kamu memakai Linux, maka dengan otomatis kamu akan mendapatkan bundle Software bawaan yang cukup lengkap dan bermanfaat, setelah kamu selesai menginstall. Kamu tidak perlu repot-repot lagi membeli lisensi Software untuk kebutuhan Office, Multimedia, dan lain-lain Di Linux software seperti ini sudah terinstall secara gratis, jadi kamu tidak perlu khawatir soal software bajakan atau membeli lisensi resminya.


4. Driver Yang Lengkap 

Biasanya pada saat selesai menginstall Windows, kamu harus memasang Driver VGA, Motherboard, AMD, Nvidia dan masih banyak lagi. Cara ini tidak akan kamu temukan di Linux, biasanya Linux sudah memiliki dukungan Driver yang ter-Update, yaitu Software Center. Kamu bisa mencari dan mendownload Driver apa yang kamu butuhkan, dan juga saat penginstallan nya tidak memakan waktu yang lama.


5. Kebal Terhadap Virus 

Keamanan sistem operasi Linux tergolong sangat baik, ketimbang Windows. Di Linux jarang sekali komputer kamu akan terdeteksi virus, karena Linux berjalan dengan memperketat keamanan. Contohnya Pengguna Linux diwajibkan untuk menjalankan program yang tertentu, memasukan kode tertentu, dan masih banyak lagi.

Oke segini dulu informasi yang bisa saya berikan pada hari ini. Jadi kalau kamu punya Laptop/Komputer yang memiliki spesifikasi tergolong Low End, maka kamu wajib coba dan belajar sistem operasi Linux ini. Linux ini gratis tanpa harus membayar biaya sepeserpun.
Disqus Comments