Wednesday, February 6, 2019

7 Tips Meningkatkan Kinerja Windows 10


Banyak yang bilang kalau Windows 10 itu bikin lemot bla bla bla dan semacamnya. Kalau kamu memang berpikiran begitu, memang terkadang benar dan masalah ini banyak orang yang mengalaminya. Kamu tidak perlu sampai repot-repot downgrade ke Windows 7 atau Windows XP, karena itu memang wajar. Windows 10 ini memang agak berat dikarenakan banyaknya aplikasi bawaan dari Windows 10 yang memberatkan kinerja Performa komputer/laptop kamu. Untuk itu saya akan memberikan sedikit tips cara meningkatkan kinerja Windows 10.

1. Membaca System Requirements Windows 10 

Banyak dari kita yang terkadang tidak pernah membaca System Requirements Windows 10, dan tidak pernah membaca apa spesifikasi laptop/komputer yang kamu pakai, sehingga komputer/laptop kamu akan bekerja secara paksa untuk menjalankan Windows 10. Jadi ada baiknya kamu harus membaca terlebih dahulu System Requierements Windows 10
  • Processor: 1 gigahertz (GHz) or faster processor or SoC.
  • RAM: 1 gigabyte (GB) for 32-bit or 2 GB for 64-bit.
  • Hard disk space: 16 GB for 32-bit OS 20 GB for 64-bit OS.
  • Graphics card: DirectX 9 or later with WDDM 1.0 driver.
  • Display: 800x600

Jika spesifikasi laptop/komputer kamu tidak memenuhi syarat, sebaiknya tidak usah dipasang, tetap stay di Windows 7 atau Windows XP.

Baca Juga Nih : 


2. Matikan Efek Visual

Efek Visual pada Windows 10 ini agak cukup berat, namun ada harga yang harus kamu bayar, yaitu tampilan, efek dari Windows kamu hanya alakadarnya saja. Caranya sendiri cukup gampang, kamu cukup mencari search pada Windows 10 dan ketik View Advanced System Settings setelah itu klik , maka akan terbuka menu System Properties, lalu klik settings pada bagian performance, lalu uncentang semua opsi yang ada, kalau sudah selesai, tinggal klik Ok.



3. Matikan Aplikasi Yang Berjalan 

Kalau RAM kamu tergolong kecil, entah itu berkapasitas 2 GB, 4 GB, atau 6 GB, maka wajar saja kalau mengalami kendala Lag, dan tentunya aplikasi yang berjalan akan memakan penggunaan RAM yang cukup besar. Untuk menghentikannya kamu bisa memakai Task Manager, dengan cara ini penggunaan RAM kamu akan lebih kecil. 



4. Uninstall Aplikasi Yang Tidak Berguna 

Sebenarnya kamu tetap bisa men-uninstall aplikasi-aplikasi sampah yang sama sekali tidak akan kamu pakai, seperti aplikasi bawaan windows. Namun tidak semua aplikasi bawaan windows, bisa kamu uninstall. Dengan cara ini kapasitas penyimpanan HARDISK atau SSD kamu akan berkurang, sehingga akan memperpanjang umur dari HARDISK atau SSD kamu.


Baca Ini Juga : 
Saat ini sudah banyak website yang menyediakan Tema/Skin untuk Windows 10 secara gratis. iya betul, saya tahu dengan kamu memakai Tema/Skin tampilan Windows kamu tidak akan membosankan. Tapi dengan memakai Tema/Skin ini penggunaan RAM kamu akan sedikit meningkat, dan juga kamu harus waspada agar Tema/Skin yang kamu pakai tidak terjadi error, karena jika Skin/Temanya error, maka dengan otomatis Windows 10 kamu akan ikut error juga. Jadi gimana masih mau pakai Skin/Tema ?

6. Pakai Antivirus

Kamu juga diwajibkan scan virus yang ada di komputer/laptop kamu secara teratur. Tips ini juga sangatlah amat berguna, bagi kamu yang seneng Download file dari internet. Pastikan file yang kamu mendownload berasal dari situs yang sudah terpercaya, sehingga File komputer kamu juga akan ikut aman, dan bebas dari segala macam virus.


7. Upgrade Spesifikasi

Tips terakhir dari saya adalah Upgrade Spesifikasi. Ya benar sekali jika, tips yang saya bagikan tidak manjur, mungkin spesifikasi laptop/komputer kamu tidak mencukupi. Kalau komputer kamu cukup mengupgrade mulai dari Prosesor, RAM, VGA, atau kamu bisa memakai SSD sebagai sistem operasi Windows 10. Tetapi jika laptop, kamu juga bisa memakai SSD di laptop dengan syarat Slot Dvd pada laptop kamu harus digantikan dengan SSD SATA, atau kamu juga bisa memakai SSD NVME, asalkan ada slotnya. 

Jadi itulah 7 Tips Meningkat Kinerja Windows 10 versi Giery Bagas. Perlu kamu ketahui, jika Spesifikasi laptop/komputer kamu keluaran tahun 2015 keatas, maka memang sudah harus beralih ke Windows 10. 

Oke sekian artikel yang bisa saya sampaikan pada hari ini, kalau tips nya ada yang kurang langsung aja komentar dibawah. Jangan lupa share jika informasi ini bermanfaat bagi kamu, terakhir nama saya Giery, sampai jumpa di artikel yang berbeda. 
Disqus Comments