Friday, February 8, 2019

Apa Itu VGA Card ? Ini Penjelasannya !

Halo semua kembali, lagi bersama Giery Bagas, terima kasih sudah mau mengklik artikel ini dan selamat membaca. 

Pada kali ini saya akan membahas lebih dalam mengenai VGA CARD. Kenapa sih harus VGA CARD ? karena menurut saya pribadi VGA CARD ini menjadi topik perbincangan yang cukup menarik, dan juga VGA CARD ini mempunyai peran yang cukup penting dalam halnya menjalankan proses Gaming, Rendering, ataupun Mining. 

FUNGSI VGA CARD 

Buat yang belum tahu Fungsi dari VGA Card ini ialah sebuah komponen yang melakukan proses rendering gambar, baik itu gambar 3D ataupun 2D. Hasil gambar yang sudah direndering akan ditampilkan melalui layar monitor atau output display.

Saat ingin membeli VGA Card, pernahkah kalian terkadang suka binggung apa itu GPU, VRAM, CORE CLOCK, GDDR5 dan GDDR5X, BOOST CLOCK, dan masih banyak lagi. Disini saya akan membahas semuanya satu per satu.

Baca Juga :

GPU 

GPU kependekan dari ( GRAPHIC PROCESSING UNIT ) yaitu sebuah Chip khusus yang sudah ditanamkan pada VGA CARD. Peran nya Chip ini hampir sama dengan Prosesor. Namun bedanya Chip ini adalah Otak dari si VGA CARD tersebut. Semakin tinggi spesifikasi dari GPU tersebut, maka semakin cepat juga VGA Card yang kamu pakai. Umumnya kamu tidak akan bisa melihat fisik dari GPU ini karena sudah dilindungi oleh COOLER.

VRAM 

VRAM ini sebenarnya fungsinya hampir mirip dengan RAM. Bedanya adalah Chip nya ini ditanam pada VGA Card. Tugasnya VRAM ini hanya menampung data-data gambar, tekstur, dan pixel. Peran VRAM ini sangatlah penting dalam hal nya resolusi. Karena semakin besarnya resolusi pada game, maka data-data, pixel, tekstur akan semakin besar pula. VRAM yang saat ini dipakai ialah sebesar 2 GB atau 4 GB. 

CORE CLOCK

Terkadang masih banyak yang binggung, Apa sih itu Core Clock ? Core Clock adalah kecepatan frekuensi yang dijalankan oleh GPU dalam Satuan HZ ataupun MHZ. Semakin tinggi kecepatannya, maka kecepatan mentransfer data juga akan semakin kencang. 

BOOST CLOCK 

BOOST CLOCK ini tugasnya sebenarnya sama dengan CORE CLOCK. Umumnya BOOST CLOCK akan tampil secara otomatis, sesuai Step Load pada sebuah GPU yang kamu pakai. Namun sayangnya BOOST CLOCK ini juga mempunyai batasan, apabila CLOCK SPEED semakin tinggi, maka GPU yang kamu pakai akan terasa panas, dan panas nya ini disebut THERMAL THROTTLING. Tanda-tanda kemunculan nya ialah kecepatan BOOST CLOCK akan menurun, dan akan secara otomatis menurun sesuai dengan suhu si GPU. itulah alasan kenapa kamu harus memilih VGA Card yang memiliki sistem pendingin yang baik, agar suhu VGA Card tetap stabil. 

MEMORY CLOCK 

MEMORY CLOCK ini hampir mirip dengan CORE CLOCK. Perbedaannya adalah MEMORY CLOCK ialah ClOCK SPEED yang letaknya terdapat pada VRAM dengan satuan HZ ataupun MHZ. 

BUS BIT dan BANDWITH

Kalau BANDWITH ibaratnya seperti kecepatan internet yang biasa kita pakai, yaitu seberapa cepat, kecepatan data yang masuk maupun yang keluar. sementara kalau BUS BIT ialah seberapa banyak BIT yang bisa masuk dan keluar melalui VRAM. Di BUSBIT kamu juga akan menemukan yang namanya 64 BIT, 128 BIT, 256 BIT, dan seterusnya.

GDDR5 dan GDDR5X

Setiap tipe Memory mempunyai kemampuan yang berbeda-beda, contohnya adalah tipe memory GDDR5 dan GDDR5X. GDDR5 dan GDDR5X juga mempunyai perbedaan. bedanya adalah  GDDR5X mempunyai CORE CLOCK MEMORY yang jauh lebih kencang dibandingkan GDDR5. 

CUDA

CUDA kependekan dari ( COMPUTE UNIFIED DEVICE ARCHITECTURE ) adalah suatu arsitektur yang dibuat oleh NVIDIA. Fitur CUDA ini dapat kamu aktifkan dengan syarat GPU memiliki PHYSICAL CORES dari NVIDA. Sedangkan PHYSICAL CORES buatan AMD yang bernama STREAM PROCESSOR, serta menggunakan bahasa pemrograman OPEN CL. Baik NVIDIA atau AMD masing-masing keduanya memiliki teknologi yang amat berbeda. 

VGA REFERANCE dan NON REFERANCE

Mungkin ini terdengar asing oleh kebanyakan orang. VGA REFERANCE adalah bentuk awal mula dari si VGA CARD tersebut, sebelum dimodifikasi oleh beberapa vendor seperti MSI, ASUS, GIGABYTE, ZOTAC, BIOSTAR, dan masih banyak lagi. VGA CARD yang sudah dikenal ialah AMD RADEON dan NVIDIA GEFORCE. Namun uniknya NVIDIA memberi nama VGA REFERANCE dengan sebutan FOUNDER EDITION, yang sebenarnya itu sama aja, gak ada bedanya. Setelah REFERANCE, akan muncul yang namanya VGA NON REFERANCE, tipe VGA ini sudah dimodifikasi oleh beberapa vendor yang sudah saya sebutkan tadi. Meskipun sudah di custom GPU yang dipakai tetaplah sama dari asalnya yaitu dari NVIDIA  GEFORCE ataupun AMD RADEON. Namun bukan hanya itu yang di Custom, kebanyakan beberapa Vendor mulai memodifikasi mulai dari COOLER, OUTPUT DISPLAY, TDP, CLOCK SPEED, dan masih banyak lagi. 

Baca Juga : 

TDP

TDP ialah kependekan dari THERMAL DESIGN POWER. TDP ialah tolak ukur berapa watt VGA CARD ini mengkonsumsi daya. Namun sebenarnya ini bukan menjadi acuan kita untuk mengukur berapa konsumsi daya listrik sebuah VGA CARD. Seperti yang saya bilang tadi bahwa teknologi fabrikasi AMD RADEON atau NVIDIA GEFORCE sangatlah berbeda. 

Baca Juga :
Oke sampai sini pasti pahamlah, jadi kalian sudah bisa pahamin bahwa tentunya tidak bisa membandingkan bahwa NVIDIA GEFORCE dan AMD RADEON bagusan mana, karena masing-masing keduanya memiliki teknologi yang amat berbeda. Kecuali jika kamu membandingkan nya dengan 1 Merek misalnya Radeon RX 460 dengan RX 470 bagusan mana ? ya jelas saja bagusan RX 470. Atau jika kamu masih tetap ingin membandingkan 2 kubu tersebut, misalnya GTX 1050 TI sama RX 560 bagusan mana ? Gampang kok, kamu cukup melihat review dari youtube atau test benchmark dari kedua VGA tersebut, apakah sesuai ekspetasi kamu atau tidak. 

Oke mungkin segini dulu, informasi yang bisa saya sampaikan pada hari ini, jangan lupa share jika bermanfaat bagi kamu semua, terakhir nama saya Giery, sampai jumpa di artikel yang berbeda.
Disqus Comments