Saturday, March 23, 2019

Apa Itu IMEI ? Dan Cara Mengeceknya


Kebanyakan orang dalam halnya menggunakan smartphone, pasti kurang familiar dengan yang namanya IMEI. Ya jelas saja, karena IMEI sendiri ini memiliki peran yang sangat penting dalam halnya dengan jaringan. Jika smartphone kamu tidak memiliki nomor IMEI, kamu tidak akan bisa melakukan panggilan, sms, internet, karena tidak akan mendapatkan jaringan.

IMEI adalah kependekan dari International Mobile Equipment Identity. Ini adalah sebuah kode unik pada perangkat kamu, atau bisa dibilang nomor ini adalah identitas perangkat kamu. 

Umumnya saat kamu membeli smartphone, kamu akan menemukan angka 14 digit atau 16 digit, yang terdapat di dus kotak hpnya. Kode inilah yang dinamakan dengan nomor IMEI.

Selain itu fungsi dari IMEI ini bukan hanya sebagai identitas perangkat saja, melainkan kamu bisa memakai IMEI ini untuk mengetahui ponsel mu yang sedang dicuri. Dengan IMEI ini kamu jadi bisa melacak perangkat kamu lewat GPS. 

Cara Mengecek IMEI


1. Melalui Panggilan
  • Buka Telepon
  • Pada keypad tekan *#06#
  • Tekan tombol Call
  • Maka IMEI akan tampil

2. Melalui Pengaturan 

Cara ini hanya bekerja pada brand smartphone tertentu saja
  • Buka pengaturan
  • Cari About Phone
  • Maka IMEI akan tampil 

3. Lihat Dus Kotak 

Cara ini cukup mudah, kamu tinggal melihat dibagian belakang dus smartphone kamu. Akan muncul kode Unik dengan digit 14 atau 16. Itulah nomor IMEI


Kesimpulan 


IMEI ini adalah kode yang sangat penting, dan banyak sekali manfaat yang kamu dapat dengan kode IMEI ini. Dan sebaiknya catatlah kode IMEI smartphone kamu untuk berjaga-jaga agar tidak lupa, jika sewaktu-waktu kamu membutuhkan kode IMEI di smartphone kamu. 

Oke segini dulu informasi yang bisa saya berikan pada hari ini. kalau ada pertanyaan bisa berkomentar dibawah. Terima kasih juga sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel yang berbeda.
Disqus Comments