Saturday, December 29, 2018

SIM dan eSIM Bedanya Apa ?


Pada artikel kali ini saya akan membahas SIM card dan eSIM pada smartphone, bukan sim ( surat ijin mengemudi ) jadi saya akan membahas sim terlebih dahulu oke langsung saja simak baik-baik ya. 


1. SIM  

Singkatan dari ( Subscriber identity Module ) kartu berukuran kecil yang ditaruh pada slot smartphone kamu, kartu sim ada yang terbaca sebagai GSM atau CDMA, yang sudah mendukung jaringan mulai dari GPRS, EDGE ( 2G ), 3G, HSDPA, HSUPA, HSPA, HSPA+, EV-DO, dan untuk yang terakhir sekarang adalah LTE/4G ( ingat untuk yang sekarang ), oke lanjut


Dikarenakan smartphone sekarang sudah memakai sim tray maka kartu model sim ini sudah jarang dipakai, sehingga model kartu SIM dibagi menjadi 2 yaitu :

A. Micro SIM

B. Nano SIM

Lalu apa sih kelebihan dan kekurangan kartu SIM ini ?

Kelebihan :
  • Pengguna akan lebih bebas dalam mengganti nomor, jika nomor kamu kadaluarsa, kamu tinggal membeli baru kartu sim yang harganya relatif murah sekitar 10 rb dan itu banyak yang jual.
  • Harga paket internet yang cukup terjangkau dikalangan para anak sekolah, dan mahasiswa.
  • Dapat dilepas di perangkat.

Kekurangan :
  • Banyak para pengguna yang menggunakan kartu SIM untuk penipuan seperti " selamat anda mendapatkan uang senilai 10 juta rupiah dari bla bla bla bla " dan sebagainya.
  • Kurang Cocok Untuk Intenet Roaming dikarenakan SIM card. Menurut saya sangat tidak efisien bagi kamu yang suka travelling seperti jalan-jalan keluar negeri dalam waktu yang cukup lama, kamu harus rajin mengecek sisa kuota roaming kamu agar terhindar dari biaya-biaya yang besar.


2. eSIM

Kalau eSIM adalah singkatan dari ( Embedded Subscriber Identity Module ) eSIM ini fungsinya sama seperti SIM biasa pada umumnya dan sudah mendukung semua jaringan. Perbedaan nya adalah eSIM sudah tertanam pada perangkat, dan tidak bisa dilepas seperti SIM card biasa. Esim ini sudah bisa dipakai di device :

A. Iphone X


B. Google Pixel 2


C. Apple Watch 3



eSIM ini juga sudah kompatibel semua operator. Terus apa kelebihan dan kekurangannya :

Kelebihan : 
  • Pengguna tidak perlu membeli kartu sim card, kamu cukup mengaktifkan eSIM lewat pengaturan/setelan.
  • Dapat menghubungkan banyak perangkat, kamu tidak memerlukan fitur Wifi Hotspot untuk menjelajahi internet, dan akan semakin banyak pengguna eSIM.
  • Sangat cocok untuk orang yang suka jalan-jalan ke luar negeri dikarenakan dengan memakai eSIM ini kamu tidak perlu khawatir soal biaya internet roaming dikarenakan eSIM ini sudah suppot semua operator.
  • Harga yang relatif murah.

Kekurangan :
  • eSIM ini sangat susah sekali untuk kamu yang hobi mengganti nomor, kamu tetap dapat mengubah nomor dengan cara menghubungi layanan data operator untuk meminta data-data aktivasi.
  • eSIM ini belum ada satupun operator yang mendukung di negera indonesia.
  • Tidak dapat dilepas di perangkat


Kesimpulan 

eSIM ini bukanlah sesuatu yang baru dikarenakan device google pixel 2 sudah mendukung eSIM, tetapi saya yakin ada masa dimana saatnya eSIM ini akan support di semua operator negara indonesia ini.


Oke sekian pembahasan tentang SIM dan eSIM yang bisa saya sampaikan, kalau kalian ada pertanyaan langsung saja komen dibawah insyallah pasti saya jawab kok, terima kasih juga telah membaca artikel ini semoga bermanfaat bagi kamu semua dan sampai jumpa di artikel yang berbeda. 


















Disqus Comments