Wednesday, December 26, 2018

Mengenal Lebih Dekat Sensor-Sensor Pada Android



Halo semua kembali lagi bersama Giery Bagas dan terima kasih telah mengklik artikel ini.

Oke jadi pada pada pembahasan kali ini saya akan membahas jenis-jenis sensor pada android beserta fungsi dari sensor tersebut, terutama untuk yang mau membeli hp android tapi cuma mementingkan ram,internal,snapdragon itu salah besar bro kamu harus paham mengenai sensor apa saja yang tersedia pada smartphone yang ingin kamu beli agar tidak rugi, oke

1. Sensor Proximity 

Proximity ini berfungsi untuk mendeteksi keberadaan suatu objek disekitar kamu, sensor ini berperan ketika ada panggilan masuk, sensor ini terletak didepan layar smartphone bersebelah dengan kamera depan atau bersebelah dengan audio jack 3,55 mm, sensor proximity ini sudah banyak dipakai di smartphone kelas menengah,bawah.

2. Sensor Orientation

Sensor ini berfungsi untuk mengatur layar smartphone kamu menjadi landscape atau portrait, sensor ini sangatlah penting dikarenakan jika tidak ada sensor ini kamu tidak dapat bermain game, menonton video fullscreen dan sebagainya. 

3. Ambient Light Sensor

Berfungsi untuk mendeteksi intensitas cahaya, perubahan brightness/kecerahan layar menjadi otomatis atau manual, dengan adanya sensor ini kamu tetap dapat memainkan smartphone kamu dalam keadaan terik matahari dikarenakan sensor tersebut akan menyesuaikan kondisi cahaya di sekitar kamu.

4. Sensor Magnetometer

Sesuai namanya " Magnet ", Sensor ini berfungsi mendeteksi adanya medan magnet di sekitar kamu, dengan sensor ini kamu jadi bisa mengetahui benda manakan yang memancarkan medan magnet kuat.

5. Sensor Temperatur

Sensor ini berfungsi mengukur suhu pada smartphone kamu apakah panas atau tidak ?, Biasanya panas dalam ponsel diakibatkan terlalu banyak memakai hp untuk bermain game misalnya. Saran dari saya jangan sampai hp kamu overheat karena baterai smartphone kamu akan cepat bocor atau kembung.

6. Sensor Gyroscope

Gyroscope ini berfungsi untuk mendeteksi kemiringan dan kecepatan sudut yang sangat diperlukan dalam navigasi, sensor ini sekilas agak mirip dengan sensor accelerometer namun bedanya sensor gyro ini tidak dipengaruhi gaya gravitasi sedangkan accelerometer dipengaruhi gaya gravitasi.

7. Sensor Accelerometer

Sensor ini berfungsi untuk mendeteksi ketepatan arah pada smartphone, sensor ini sangat berguna ketika kamu sedang bermain game mobil balap seperti asphalt, real racing, dan sebagainya.

8. Sensor Pressure

ini adalah sensor tekanan pada android perannya adalah hp kamu jadi bisa dibawa kedalam air biasanya sensor pressure ini bisa dibawa hanya sampai kedalaman sekitar 1,5 meter, sensor ini digunakan pada hp hp kelas atas misalnya samsung galaxy Note 8, Sony xperia Z5, dan sebagainya.

9. Fingerprint Sensor

Fingerprint sensor berfungsi untuk alat pada keamanan smartphone kamu agar tidak mudah dibuka oleh orang, kamu cukup menempelkan jari kamu pada fingerprint scanner ( Biasanya fingerprint terletak dibelakang atau ditombol home ) maka otomatis hp kamu akan terkunci, untuk membukanya sama aja kamu hanya perlu menempelkan jari kamu lagi dengan syarat jari kamu dalam keadaan kering, jika basah sedikit maka sensor ini tidak akan bekerja.

10. Sensor face unlock

Sensor ini termasuk sensor yang sedang trending dikarenakan sensor ini sudah banyak dipakai pada smartphone kelas menengah maupun kelas atas untuk fungsinya sensor ini dapat mendeteksi wajah kamu maka dengan otomatis smartphone ini akan mengenali wajah kamu, sensor ini sangat berguna untuk menjaga privasi si pemilik.

11. Sensor Gesture 

Berfungsi untuk mengenai gerakan tangan saat layar hp dalam keadaan mati sementara, pada sensor ini kamu juga dapat melakukan scrooling lainnya misalnya dengan membuat huruf M pada layar smartphone maka akan terbuka aplikasi musik.

12. Sensor Heart Rate

Sensor ini hanya tersedia di smartphone samsung galaxy S5 dan note 4, Sensor ini berfungsi untuk memantau kesehatan si pengguna. Penggunaan nya pun cukup mudah kamu hanya meletakan smartphone tepat pada detak jantungmu berbunyi, Sensor ini didukung dengan aplikasi S-health.

13. Sensor Hall

Sensor ini hanya bekerja ketika smartphone kamu menggunakan flipcover sebagai softcasenya, bila cover tertutup maka otomatis layar smartphone kamu akan mati dan juga sebaliknya jika cover dibuka layar smartphone kamu akan menyala.

Jadi itulah beberapa sensor beserta fungsinya yang harus kamu ketahui, dan jika ada sensor lain langsung saja komen dibawah oke.

Sekian artikel yang bisa saya sampaikan pada hari ini, semoga bermanfaat bagi kamu semua, dan sampai jumpa di artikel yang berbeda. 

Disqus Comments